Photobucket

Laman

Jumat, 21 Oktober 2011

Komentar-komentar Kontroversial Moammar Qaddafi tentang Ajaran Islam



Moammar Qaddafi ternyata tidak hanya kontroversial di dunia politik. Ia juga kerap melontarkan komentar-komentar pedas dan mencengangkan seputar ajaran Islam. Komentarnya dianggap tidak lazim bahkan menjurus kepada penyimpangan aqidah Islam. Oleh karenanya, Qaddafi juga disebut-sebut sebagai Musailamah Abad ini. Tak heran jika mayoritas umat Islam justru berbahagia atas kematian Qaddafi yang juga menandakan tumbangnya rezim otoriternya di Libya.
Berikut beberapa komentar kontrovesial Qaddafi seputar ajaran Islam:
1. Tentang Haji tahun 1400 H
Haji tahun 1400 H ini hanya merupakan permainan tepuk tangan dan siulan belaka sebagaimana pada zaman jahiliyyah. Karena itu, apa artinya haji tahun ini dan juga tahun-tahun selanjutnya jika pendudukan Amerika masih terus berlanjut di Baitullah Masjidil Haram?
(Khutbah Iedul Adha di kota Jadu 19 Oktober 1990)
2. Tentang Ka’bah
“Ka’bah adalah berhala terakhir yang masih tersisa di antara berhala-berhala lainnya”
(Pembukaan Majlis Ittihad Al Jami’at Al Arobiyyah di kota Benghazi 18 Februari 1990)
3. Tentang Melontar Jumrah
“Kalian semua melontar jamarat? Yang wajib saat ini bagi kalian adalah melempar Zionis yahudi di Palestina. Setiap seorang dari kita membawa tujuh batu lalu pergi ke Palestina dan melempar para Zionis itu. Inilah Jihad sesungguhnya, inilah melontar Jamarat yang sebenarnya. Apa artinya melontar tujuh batu ke arah sebuah tonggak? Inilah ganti dari melontar Jamarat, inilah Haji yang sebenarnya di zaman ini.”
(Pembukaan Muktamar II Qiyadah Sya’biyyah Al Alamiyyah di kota Benghazi Trablus 19 Maret 1990)
4. Tentang Hijab
“Hawa telanjang bulat tanpa sehelai benang. Siapa yang lebih tahu dibandingkan Allah? Allah menciptakan kita sejak awal seperti itu. Inilah fithrah kita. Kalau bukan karena setan, kita tidak memakai sehelai benang pun, bahkan meskipun sehelai daun blueberry (waraqah tuut). Setan lah yang menyebabkan kita harus memakai pakaian seperti ini. Sedangkan sebelum itu, secara naluriah kita ini telanjang. Hijab sendiri adalah hasil perbuatan setan karena hijab adalah bentuk lain dari daun blueberry, dan ini adalah hasil karya setan untuk mencegah kita dari kemerdekaan dan melangkah ke depan …. Tidak mungkin bagi wanita harus mengenakan hijab dan tinggal di rumah saja. … haram…… hijab adalah hijab maknawi.”
(Pidato di depan Parlemen Tunis 8 Desember 1988)
5. Tentang Khulafaur Rasyidin
“Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa Sallam berlepas diri dari para Khalifah sepeninggal beliau. Ali menjadi Khalifah, tetapi mengapa ia diperangi oleh setengah dari kaum muslimin? anak cucunya juga diperangi. Utsman tidak pantas sebagai Khalifah karena ia seorang aristokrat dan mengangkat kerabatnya sebagai pembantu-pembantunya. Ia telah menyebarkan nepotism ke seantero wilayah Islam sehingga ia dibunuh…
(Multaqo II Universitas dan Ma’had Aly di Trablus 30 Maret 1991)
6. Tentang Riba
“Sistem ekonomi adalah sistem yang sudah mendunia. Dunia Islam seluruhnya menerapkan sistem ini. Jika mereka semua menerapkannya, maka kita juga. Siapa yang bilang haram ? Tidak haram. Tidak benar bahwa sistem ekonomi dunia saat ini adalah haram.”
(Muktamar Wartawan se-dunia, 13 Juni 1973. Ini adalah jawaban atas pertanyaan seorang wartawan Reuter cabang Mesir tentang riba)
7. Tentang Hadits Nabi Shollallohu ‘alaihi wa Sallam (bukti bahwa Qaddafi adalah penganut Madzhab Ingkarus Sunnah)
“Jika ada seseorang berkata kepada kita, “Hadits Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa Sallam harus kita muliakan dan kita hormati serta wajib disikapi sebagaimana kita bersikap terhadap Al Qur’an, INI ADALAH SYIRIK !!!! Mungkin ucapan saya ini kedengaran asing. Ini disebabkan saat ini kita sudah sangat jauh dari Islam, dan kita sedang berada di tengah jalan menuju penyembahan berhala dan menjauhkan kita dari Al Qur’an dan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka tidak ada jalan lain agar kita tidak terjerumus dalam penyembahan berhala dan penyimpangan yang sangat berbahaya kecuali dengan cara berpegang teguh kepada Al Qur’an saja dan beribadah kepada Allah semata.”
(Ceramah pada acara Maulid Nabi di Masjid Maulawi Muhammad di kota Trablus 19 Februari 1978)
8. Tentang Syari’ah Islam
“…… oleh karena itu Syari’ah Islam seharusnya cukup disikapi sebagai sebuah Madzhab Fiqh yang disusun oleh seseorang. Kedudukannya sama dengan undang-undang Romawi atau undang-undang Napoleon atau undang-undang lainnya yang disusun oleh para ahli hukum Perancis, Italia atau dari kaum muslimin ………………….. Maka siapa saja yang mempelajari undang-undang Romawi pasti akan menyimpulkan bahwa para ulama Islam menyusun undang-undang yang sangat mirip dengan undang-undang Romawi, akan tetapi mereka tidak mau mengakuinya. Mereka menyatakan bahwa ini adalah Agama (syari’ah Islam).”
(Pertemuan ramah tamah dengan para huffadz Al Qur’an di kota Trablus 3 Juni 1978)
9. Tentang Pengakuannya Sebagai Nabi
Dalam sebuah wawancara dengan Mirella Bianco, seorang wartawati dari Italia yang bertanya kepadanya : ” Wahai Nabi Allah … apakah engkau juga menggembala kambing?” Qaddafi menjawab, “Ya, tentu…. Tidak ada satu Nabi pun yang tidak menggembala kambing.”
(“Qaddafi : Messenger of Dessert” tulisan  Mirella Bianco halaman 241)

12 komentar:

  1. Tulisan yang menarik, mungkin info yg langka pula. Tp kita jga wajar bila memiliki sebuah pertanyaan tersisa: Siapa lagi setelah Khadafi dlm panggung politik dunia yg berani berhadapan vis a vis dg AS? Tinggal Ahmadinejad?

    BalasHapus
  2. AS memang selalu menerapkan standar ganda dalam setiap misi yang dilancarkannya, atau bisa jadi multi-standar. Hal itu yang kemudian membuat beberapa pemimpin negara merasa gerah dan bersikap frontal. Namun kebanyakan dari mereka bernasib tragis. Siapa berikutnya? Mari kita tunggu bersama.

    Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. ikut mampir gan, kunjungan untuk silaturahmi...
    mari saling bersilaturahmi, mampir juga kesini http://acemaxs-alwiherbal.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. terimakasih infonya agan, semoga sukses.
    http://obathipertiroidhipertiroid.wordpress.com/

    BalasHapus
  5. kunjungan silaturahmi gan...
    semoga tambah sukses...
    kunjungi juga blog ane...
    http://acemaxs-alwiherbal.blogspot.com/

    BalasHapus

  6. Permission share, good luck.
    Please visit our website:

    http://obatparuparubasah.utamakansehat.com/

    BalasHapus

Komentar